TGP :: High Performance Motorparts
                 Follow and Find us on
                 Twitter Facebook

0 items
Customer Service:
CS1 TGP

CS2 TGP
Pencarian Produk:            

Registrasi Baru Lupa Password
HomeAbout TGPProduct CatalogTips & TricksContact Us
Tips & Tricks

KLEP JUPITER MX GAMPANG DOWER

Gega, pemilik Jupiter MX 2006 menggerutu. Jupiter MX-nya lagi-lagi harus ganti klep. "Ini sudah empat kali aku ganti klep," aku anggota MX Rider Community Chapter Surabaya ini. Wuihhh.. Serem banget.

Pergantian klep itu butuh dilakukan karena kepala klep (bagian yang bertemu dengan baut setelan klep, Red.), dower alias melebar. Karena melebar, klep tak bisa dikeluarkan dari bos klep (valve guide). Nyantol. Bagian kepala klep harus digerinda dengan mata bor tune terlebih dulu untuk mengurangi kelebihan ukuran tadi. Apakah mutu klep MX yang kurang bagus?

OP pun coba mengkonfirmasi ke pihak Yamaha. Ilham Wahyudi, selaku Service Education PT. STSJ, main dealer Yamaha di Surabaya membantah. "Dari beberapa bengkel resmi di Surabaya, tidak ada laporan soal ini," yakin Ilham. Lho kok?

Persoalan menjadi terang ketika Abraham Akbar Gegalino, nama lengkap Gega menuturkan lebih lanjut, "Setahuku lebih dari 30 orang pemilik MX (di Surabaya) yang mengalami hal yang sama. Bolak-balik ganti klep. Bahkan sampai ada yang bosan dan menjual MX-nya. Tetapi memang di bengkelku yang mengalami hal ini, MX-nya sudah gak standar."

Masalahnya, "Korekan nggak ekstrem pun mengalami hal ini. Cuma ganti per klep dan CDI, klep langsung jeber (dower). Berarti bahan klep standar kan kurang bagus," keluh Gega.
Penulis : abbas
Foto : HS


Setelan Klep

Gega sendiri mengaku awal kejadian karena ganti per klep dengan yang aftermarket. Ganti klep kedua, pegas dibalikin standar tapi kem profilnya dimodifikasi. "Akhirnya pakai kem standar V-ixion. Ternyata masih juga klep gampang jeber," bingung Gega.

OP pun coba kumpulkan informasi dari mekanik-mekanik yang sudah menaikkan performa MX. "Nggak ada masalah, kok. Selama ini meski MX sudah aku garap hingga bore up, pun klepnya nggak jeber," bantah Didik Siswanto, mekanik AE Sport dari Gresik. Hal senada juga datang dari Dani asal Probolinggo.

"Kemungkinan setelan klep nggak tepat. Atau pegas klep terlalu kaku, mungkin per klep standar diganjal ring," analisa Didik.

Nah, soal setelan klep ini Ilham ikut angkat bicara, "Setelan klep MX standarnya memang relatif longgar dibanding motor bebek lainnya. Kemungkinan mekanik menyetelnya lebih rapat, harapannya agar suara mesin jadi halus."

Ukuran celah setelan klep MX saat dingin, standarnya adalah 0,10-0,14 mm untuk klep masuk (in) dan 0,16-0,20 mm untuk klep buang (ex). Ukuran ini memang relatif longgar dibanding rata-rata mesin bebek lain yang kisaran setelan klep in 0,05-0,08 mm dan klep ex 0,05-0,10 mm.

"Selama ini setelan klep aku bikin 0,10 mm untuk in dan 0,15 mm untuk ex. Ukuran segitu selama ini terbukti oke buat mesin MX yang sudah bore up, kok," yakin Didik yang mengaku selama ini tak pernah mengganjal per klep MX.

Beban Akselerasi

Kenapa masalah mudah ditemui pada mesin yang sudah nggak standar? "Saat mesin sudah ditingkatkan performanya, kecepatan buka-tutup klep meningkat seiring kemampuan akselerasi motor naik. Beban hantaman baut setelan ke kepala klep jadi lebih besar," ujar Rosyid, mekanik Edi Jaya Speedshop ikut berkomentar.

Terlebih kem sudah dimodifikasi, dengan profil yang menutup lebih cepat. Tujuannya sih agar klep bisa lebih lama terbuka pada bukaan lebar, tapi akselerasi saat profil curam itu tentu jadi lebih besar. "Pasti klep jadi gampang jeber. Kuncinya ya setelan klep mesti tepat," ingat Rosyid.

Ganti Satria FU

Beberapa mekanik menyarankan jika masalah klep mudah jeber masih saja dialami, mau tak mau ya sekalian ganti klep motor lain. Pilihannya ya klep milik Satria FU. "Ukuran lebih besar. Lebih cocok buat mesin yang main bore up. Sebab mesin cc besar tapi klepnya tetap kecil, beban klepnya jadi teramat besar," wanti Didik.

Tetapi untuk aplikasi klep Satria FU, sitting dan valve guide mesti dirombak. Selain itu harga klep satndar Satria FU jauh lebih mahal. Totalnya 3 x harga total klep MX. Harga satuan klep MX in Rp 34.000, ex Rp 49 ribu. Sedang harga satuan klep Satria FU in Rp 97.700, ex Rp 159.600.

Sumber: OTOPLUS (Rubrik Oprek) 15/VII, MINGGU PERTAMA, 5-11 OKTOBER 2009
Gambar lengkap dapat di lihat di Tabloid OTOPLUS
































COPYRIGHT 2004-2014 - TGP GROUP   |    PRIVACY NOTICE
     Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. *)